You are here:Home » Prestasi dan Juara » Perjalanan Menjadi Mahasiswa Berprestasi 2015, sesi 1

Perjalanan Menjadi Mahasiswa Berprestasi 2015, sesi 1

karya mahasiswa berprestasi indonesia tahun 2015
source: pustakasaga.id

“Dari Mahasiswa Untuk Indonesia Berprestasi” Sebuah karya Kolaborasi Inspirasi Mahasiswa Berprestasi se-Indonesia tentang arti mimpi, cita-cita, dan perjuangan!


notes: artikel ini adalah salinan dari isi buku diatas yang ditulis oleh saya sendiri, semoga dapat memberi inspirasi.


Dari Mahasiswa untuk Indonesia Berprestasi!
by: 
Mawapres Utama
Universitas Andalas

Kesuksesan didapat dengan Tekad yang kuat, sebuah tekad tercipta atas Kemauan yang besar, suatu kemauan muncul dari Pengetahuan, semua pengetahuan diperoleh dari Guru yang baik, diantara guru terbaik adalah Pengalaman”, karena itu saya - akan berbagi pengalaman kepada rekan-rekan, tentang pengalaman kehidupan terutama pengalaman untuk sukses menjadi mahasiswa berprestasi.

Saat ini saya sedang menempuh perjalanan sebagai seorang mahasiswa kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Ya, saya adalah calon seorang dokter, seseorang yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang ketika tubuh mereka menyimpang secara anatomis maupun fisiologis dari yang seharusnya, atau bahasa sederhananya “sakit”. 

Banyak yang beranggapan seorang mahasiswa kedokteran itu identik dengan kutu buku dan ternyata anggapan itu memang benar, tapi tidak berarti mereka tidak punya aktifitas selain belajar. Banyak rekan saya yang aktif di bidang seni seperti bernyanyi dan menari, yang lainnya aktif dalam kegiatan sosial dan peduli lingkungan, saya sendiri lebih senang ikutan kegiatan yang berbau science and research, saya aktif dalam kegiatan organisasi fakultas bernama MRC (Medicalstudent Research Centre) namanya memang organisasi yang aktif di kegiatan ilmiah dan penelitian, tapi kami juga aktif dalam kegiatan yang bersifat pengabdian sosial dan lingkungan.

Bercerita kuliah di FK Unand – di Nagari Minangabau, Kota Padang, sudah tiga tahun sejak pertama kali saya naik pesawat terbang dan mendarat di kota ini pada pertengahan 2012. Saya seorang perantau yang berdarah sunda, berasal dari Kabupaten Bogor, menempuh jarak sekitar 1299 KM untuk menuntut ilmu dan akhirnya menjadi orang, orang yang bermanfaat untuk sesama pastinya. Berbicara tentang bagaimana saya menuntut ilmu ini ada pengalaman yang menarik untuk diceritakan. Saya awali dari SMP Negeri 1 Jasinga, berjarak 5 KM dari rumah saya tinggal dan saat itu hanya saya sendiri sebagai alumni SDN Curug IV – yang melanjtukan sekolah di SMP 1. Kemudian saya melanjutkan ke SMAN 1 Leuwiliang, jaraknya 30 KM dari rumah, setiap hari saya habiskan 2 jam hanya untuk duduk di angkutan umum selama 3 tahun!. Dan kini saya menuntut ilmu menyebrang lautan dan hanya bisa menikmati kenyamanan rumah bersama keluarga tiap satu semester.

Saya termasuk orang yang beruntung dapat mengenyam pendidikan sampai tahap ini, karena saya bukan dari kalangan keluarga yang memiliki tingkat pendidikan tinggi, saya juga berasal dari lingkungan perkampungan yang dapat dikatakan belum ada kecuali satu atau dua orang yang berhasil mengenyam pendidikan sampai kuliah di perguruan tinggi. Tidak ada panutan, teladan, inspirasi, dan motivasi yang jelas untuk menjadikan saya mencapai smua ini kecuali dukungan dari keluarga, guru dan teman-teman. 

Sebenarnya saya hanya memiliki cita-cita sejak kecil untuk menjadi orang yang bermanfaat, dapat membantu sesama, mampu membangun negeri, tentunya menegakkan syiar agama islam dan meninggikan martabat bangsa. Jalan menjadi seorang dokter inilah yang saat ini saya tempuh untuk mencapai cita-cita tersebut.

Baiklah sekarang saya paparkan lebih jelas maksud quotes yang ditulis di paragraf pertama. Kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai sesuatu adalah impian yang harus dapat diwujudkan menjadi kenyataan, agar lebih mudah kita ambil contoh yang sudah saya alami “Menjadi Finalis Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional”. 

Untuk mencapainya maka harus dibulatkan dengan tekad yang kuat, saya memiliki definisi tekad disini adalah adanya keyakinan dalam diri yang memprediksikan bahwa diri kita akan menjadi seperti itu, kita harus meyakini bahwa impian kita akan menjadi nyata. 

Hal ini karena sesungguhnya ................ bersambung....

keyword: Mahasiswa berprestasi, shairng pengalaman menjadi mahasiswa berprestasi nasional, tips menjadi mahasiswa berprestasi nasional



Semoga bisa memberikan manfaat untuk banyak orang. klik ikon sharing dibawah untuk menebarkan inspirasi ini kepada keluarga sahabat karib di facebook, twitter, dll,

0 comments: